Rabu, 30 November 2011

Cara Main Kentrung



Cara Main Kentrung
Kalau melihat judulnya, tersirat jelas bahwa ini postingan tutorial. Tapi tutorial dalam memainkan alat musik. Alat musiknya ya tentu saja bernama kentrung (istilah yang sering saya dengar). Kalau anda mencari di wikipedia kentrung ini bermakna sebuah kesenian dari pantai utara Jawa bagian timur berupa pagelaran orang-orang yang saling berpuisi dan melemparkan guyonan atau lelucon.


Bukan itu yang saya maksud. Tapi kentrung di sini adalah sejenis alat musik yang sebenarnya berasal dari luar negeri, Hawai tepatnya. Begitulah sepengetahuan saya dari beberapa kabar teman. Kentrung memiliki nama asli Ukulele Cuk. Kalau ukulele ini baru benar. Jika anda cari di wikipedia maka anda akan menemukan makna sesungguhnya dari ukulele walau hanya sepanjang satu kalimat…hehe…

Kalau anda sering melihat ada pengamen yang memainkan gitar kecil itulah kentrung. Dan dalam dunia keroncong biasa disebut "cuk". Kalau yang senar 4 itu Ukulele Cak atau "cak". Saya juga baru tahu hal ini setelah baca-baca di Wikipedia tentang Keroncong. Kalau ukulele cak senar 4 ampun deh…saya menyerah karena tidak tahu kuncinya.

Langsung saja ke topik judul. Cara memainkan kentrung atau Ukulele Cuk gampang-gampang susah. Kuncinya anda tinggal mengambil kunci gitar 3 senar paling bawah. Senar nomor 1,2 dan 3. Dan cara menyetemnya tinggal samakan dengan notasi G-B-E seperti gitar. Pokoknya intinya ambil 3 senar paling bawah pada gitar. Cara menggenjrengnya ini yang sangat susah bagi saya karena ada ritme tertentu. Dan kalau pingin cepat bisa ya banyak-banyaklah mencoba atau mendengarkan lagu keroncongan. Kalau mau dengerin saja sambil belajar dari video Lagu Bengawan Solo ini.

Contoh :
Kunci A minor
TAB
E - 0  senar nomor 1 (paling bawah)
B - 1  senar nomor 2 (senar tengah)
G - 2  senar nomor 3 (paling atas)

Kalau ada yang mau beli ya tinggal cari saja di pasar-pasar. Biasanya banyak dipajang di tokonya. Harganya variatif antara 50 sampai 250 ribuan. Khusus yang harga sampai 250 ribu ini bahannya agak berbeda. Lebih berat karena badan dan gagang kentrung terbuat dari kayu. Contohnya adalah gambar kentrung di atas. Kebetulan kentrung yang di atas itu saya dapat di daerah Boyolali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar