Minggu, 20 November 2011

Chelsea vs Liverpool : Adu Kuat Lini Pertahanan

Skrtel vs Torres musim lalu/Getty Images
Laga Chelsea melawan Liverpool yang berlangsung di Stamford Bridge, Minggu (20/11), berpotensi menghasilkan banyak gol. Ini dikarenakan filosofi kedua tim yang sama-sama mendewakan permainan menyerang. Untuk meraih hasil maksimal, masing-masing tim akan saling menekan lawannya.
Kecenderungan ini membuat kinerja penjaga gawang menjadi sorotan. Dengan permainan menyerang, lini pertahanan Chelsea dan Liverpool menjadi lebih terbuka sehingga rentan diserang balik oleh lawan. Sebagai benteng pertahanan terakhir, wajar kalau Petr Cech dan Pepe Reina dituntut untuk menampilkan performa terbaiknya.
Kedua penjaga gawang ini memang pantas diandalkan. Refleks, penempatan posisi, serta kemampuan membaca permainan yang menjadi syarat dasar seorang penjaga gawang mereka kuasai dengan baik. Tak hanya itu, mereka juga punya kelebihan yang tidak dimiliki semua penjaga gawang yakni keberanian mengambil risiko. Ini merupakan modal untuk bermain di klub yang tampil menyerang.
Dengan kemampuan tersebut, seorang kiper tidak hanya menunggu gawangnya diserang. Tetapi juga ikut aktif dalam menyokong permainan. Mengingat vitalnya peran penjaga gawang dalam skema permainan kedua tim, wajar kalau Cech dan Reina diharapkan berada dalam performa terbaik pada laga ini. (adit/Okky)
STATISTIK PERTEMUAN
  • Sejak Oktober 2004, Chelsea dan Liverpool telah bertemu sebanyak 28 kali. Chelsea berhasil menang 12 kali, sementara Liverpool 9 kali. Sisanya berakhir imbang.
  • Dalam tujuh laga terakhir melawan Liverpool, Chelsea gagal mencetak gol sebanyak lima kali. Tiga diantaranya malah terjadi di kandang sendiri.
CHELSEA
  • Chelsea, klub pengumpul kartu terbanyak diantara peserta Premier League musim ini (28 kartu kuning dan tiga kartu merah).
  • Top skorer Chelsea musim ini bukan dibuat oleh striker. Frank Lampard yang berposisi gelandang untuk sementara menjadi pencetak gol terbanyak dengan enam gol.
LIVERPOOL
  • Liverpool hanya menerima 38 tembakan tepat sasaran ke gawangnya. Paling sedikit dibandingkan kontestan Premier League lain.
  • Striker Liverpool, Luis Suarez telah melakukan 51 percobaan tembakan musim ini dengan empat diantaranya berbuah gol.
  • Liverpool menjadi klub terbanyak di Premier League yang tembakan para pemainnya menyentuh tiang dan mistar gawang yaitu sebanyak 10 kali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar